Multimedia


1. Pengertian  Midi, Wave, Mp3, CD AUDIO, Wma/Windows Media Player.

MIDI (Musical Instrument Digital Interface) adalah salah satu format musik yang paling kecil dibandingkan dengan format *.aif , *.mp3 atau *.wav dan juga Audio CD . Midi hanya bisa untuk musiknya.

WAV (WAVeform Audio Format) Merupakan file Audio yang tidak terkompressi dan berukuran besar, file ini berbasis track Audio, Sehingga Encoder dalam menghasilkan file WAV tidak ditentukan oleh kekuatan streaming processor/mcu/cpu, bit-rate yang dihasilkan tergantung bit-rate modul sound card dan store-age yang digunakan. File WAV bisa disebut file yang universal, karena bbisa di kompressi ke beberapa jenis file Audio/format Audio. Karena data-data digit kode Audio didalam file WAV sangat lengkap secara menyeluruh, sehingga encoder file lebih mudah menerjemahkan algoritma data Audio ke bentuk/transform format lainnya

MP3 adalah salah satu format berkas pengodean suara yang memiliki kompresi yang baik sehingga ukuran berkas bisa memungkinkan menjadi lebih kecil. MP3 dikembangkan oleh seorang insinyur yang berasal dari jerman Karlheinz Brandenburg. MP3 memakai pengodean PCM (Pulse Code Modulation). Berkas yang mempunyai nama lengkap MPEG-1 Audio Layer ini mengurangi jumlah bit yang diperlikan dengan menggunakan model psychoacoustic untuk menghilangkan komponen-komponen suara yang tidak terdengar oleh manusia.
Standar MPEG-1 tidak menspesifikasikan secara spesifik cara melakukan encode MP3. Sebaliknya, algoritma decode serta format file didefinisikan secara spesifik. Yang ingin mengimplementasikan encoder MP3 harus membuat sendiri algorima untuk menghilangkan bagian dari informasi pada file audio asal (atau pada representasi MDCT pada ranah frekuensi).
Karena itu, maka cara encode setiap encoder MP3 berlainan dan menghasilkan kualitas hasil yang berlainan juga. Hal yang harus diperhatikan adalah dari semua encoder yang ada, terdapat encoder yang bagus untuk bitrate tinggi maupun encoder yang bagus untuk bitrate rendah.



CDA(CD-AUDIO) File dengan ekstensi .cda merupakan representasi dari track CD-Audio. File dengan format .cda ini dapat langsung dijalankan dengan melalui CD-ROM, sementara file-nya sendiri tidak mempunyai informasi kode modulasi apapun sehingga jika dicopy ke harddisk, file tersebut akan menjadi tidak dapat di-play atau dimainkan. Pada November 1984, dua tahun setelah CD diproduksi secara massal, Sony mengeluarkan Discman sebagai media pemutar portable. Agar dapat mengambil atau mengopi file audio dari CD-Audio, dibutuhkan software khusus untuk mengubah dari format .cda menjadi format lain yang dapat disimpan di komputer.



WMA atau Windows Media Audio merupakan format kompresi audio yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai saingan dari format file MP3

2. Perbedaan Antara File Raw, JPG, BMP, TIFF, PNG

JPG/JPEG(Joint Photographic Expert Group) 

JPEG(Joint Photographic Expert Group) adalah sebuah format gambar, sangat berguna untuk membuat gambar jenis fotografi berkualitas tinggi dalam ukuran file yang sangat kecil. Meskipun kompresi gambar JPEG sangatlah efisien dan selalu menyimpan gambar dalam kategori warna true color (24 bit), format ini bersifat lossy, yang berarti bahwa kualitas gambar dikorbankan bila tingkat kompresi yang dipilih semakin tinggi.

TIFF (Tagged Image Format File)
TIFF merupakan format gambar terbaik dengan pengertian bahwa semua data dan informasi (data RGB, data CMYK, dan lainnya) yang berkaitan dengan koreksi atau manipulasi terhadap gambar tersebut tidak hilang. Format TIFF biasa digunakan untuk kebutuhan pencetakan dengan kualitas gambar yang sangat tinggi sehingga ukuran berkas untuk format ini biasanya sangat besar, karena dalam file ini gambar tidak dikompresi. Format ini mampu menyimpan gambar dengan kualitas hingga 32 bit. Format berkas TIFF juga dapat digunakan untuk keperluan pertukaran antar platform (PC, Macintosh, dan Silicom Graphic). Format ini juga mudah digunakan untuk transfer antar program.saat dilakukan kompresi.

PNG (Portable Network Graphics)
PNG adalah salah satu format penyimpanan gambar menggunakan metode pemadatan yang tidak menghilangkan bagian (kualitas) gambar (lossless compression). Format PNG ini diperkenalkan untuk menggantikan format GIF. PNG mempunyai faktor kompresi yang lebih baik dibandingkan dengan GIF (kurang lebih 5%-25% lebih baik dibanding format GIF). Tetapi ada satu fasilitas dari GIF yang tidak terdapat pada PNG format yaitu dukungan terhadap penyimpanan multi format untuk keperluan animasi. Untuk keperluan pengolahan gambar, meskipun format PNG bisa dijadikan alternatif selama proses pengolahan grafis namun format JPEG masih menjadi pilihan yang lebih baik.
Format
 PNG menggunakan metode kompresi lossless untuk menampilkan gambar 24-bit atau warna-warna solid pada media online. Format ini mendukung transparansi di dalam alpha channel. Format PNG sangat baik digunakan pada dokumen online, dan mempunyai dukungan warna yang lebih baik saat dicetak daripada format GIF.

BMP
 (Bitmap)
Bitmap adalah representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di memori komputer. Nilai setiap titik diawali oleh satu bit data (untuk gambar hitam putih) atau lebih (untuk gambar berwarna). Kerapatan titik-titik tersebut dinamakan resolusi, yang menunjukkan seberapa tajam gambar ini ditampilkan, ditunjukkan dengan jumlah baris dan kolom (contoh 1024x768). Untuk menampilkan citra bitmap pada monitor atau mencetaknya pada printer, komputer menterjemahkan bitmap ini menjadi pixel (pada layar) atau titik tinta (pada printer). Beberapa format file bitmap yang populer adalah BMP, PCX dan TIFF.

RAW
File RAW merupakan file image keluaran dari sensor yang masih belum diproses oleh kamera, ini artinya RAW merupakan file asli yang belum mengalami proses kompresi oleh kamera, sehingga filenya berukuran besar. Saat ini semakin banyak kamera digital yang dilengkapi dengan fasilitas format file RAW yang tentunya menjadi nilai tambah tersendiri bagi pemiliknya. Bagi Fotografer profesional file RAW merupakan jenis format andalan.
 
3. Perbedaan File AVI,WMV, MOV, MPG/MPEG

 AVI (Audio Video Interleave) Format ini termasuk format video yang tidak dikompresi. Format AVI merupakan format video yang menjadi standar microsoft dan windows sebagai platformnya. Video yang menggunakan format ini akan menghasilkan ukuran file yang sangat besar karena resolusi yang dipakai sesuai resolusi asli dari sumber videonya yaitu kaset video. Format ini juga dipakai sebagai kualitas terbaik yang digunakan untuk menentukan hasil akhir dari video yang dicapture dari kaset. Namun format ini hanya dimainkan di dalam komputer saja.
 MPEG (Motion Picture Experts Group) : Termasuk dalam format video terkompresi dan dijadikan untuk video yang disimpan pada disk. Resolusi video yang berformat MPEG mendukung resolusi setengah layar dan satu layar, tergantung versi MPEGnya. VersiMPEG dapat dilihat pada tabel di bawah ini. MPEG-1 Dikeluarkan sekitar tahun 1991. Biasanya digunakan untuk VHS, VCD, dan CD-ROM. MPEG-2 Dikeluarkan sekitar tahun 1994. Biasanya digunakan untuk kualitas DVD, televisi digital, dan lain – lain. MPEG-4 Dikeluarkan sekitar oktober 1998. Biasanya digunakan dalam aplikasi internet, handphone, dan televisi. MPEG-7 Dalam pengembangan. MPEG-21 Dalam pengembangan. Sebagai standard terbaru dalam kerangka multimedia.
MOV Termasuk dalam format video terkompresi. MOV dibuat oleh APPLE Computer dan dijalankan pada platform Macintosh, tetapi sekarang dapat juga dijalankan di Windows dengan menginstal CODEC quick time. MOV termasuk video yang ditujukan untuk online video, website yang berbasis multimedia, dan CDROM. Format ini dapat langsung dihasilkan oleh handhone berkamera atau kamera digital compact yang memiliki fitur membuat video. Salah satu keunggulan format MOV adalah dapat mendukung video yang interaktif yaitu Virtual Reality (VR).
 
WMV ( Windows Media Video ) : adalah bagian dari sistem Windows Media buatan Microsoft. Adalah sebuah codec untuk mengencode film dan mentransform slide show yang berisi format bitmap kedalam video terkompres. WMV sebenarnya adalah versi proprietary dari MPEG-4. Video Stream sering dikombinasikan dengan Audio Stream dalam format WMA, dengan video WMV yang dikemas kedalam kontainer AVI atau ASF.

0 komentar: (+add yours?)

Posting Komentar